Friday, 18 October 2019
FokusHak Siar

Siaran TV Luar Negeri Pemegang Hak Siar Piala AFF 2018

Siaran TV alternatif menonton Piala AFF 2018 saat RCTI diacak

Siaran TV Luar Negeri Pemegang Hak Siar Piala AFF 2018
Siaran TV luar negeri pemegang hak siar Piala AFF 2018. (Dok. iSATELIT.com)

iSATELIT.com – Piala AFF atau kini dikenal dengan Kejuaraan Sepak Bola Perbara (bahasa Inggris: ASEAN Football Federation Championship; AFF Championship, sebelumnya sempat bernama Piala Tiger dan Piala Suzuki AFF atas alasan sponsor) adalah suatu kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

BACA JUGA:
Frekuensi dan Biss Key FEED Piala AFF 2018
Jadwal Piala AFF 2018 dan Siaran TV yang Menyiarkan di Parabola
Siaran TV Alternatif Nonton Piala AFF 2018 di Parabola

Turnamen yang berlangsung mulai Kamis (08/11/2018) hingga Sabtu (15/12/2018) ini menjadi salah satu turnamen yang ditunggu-tunggu para pecinta bola tanah air. Ini merupakan turnamen terakhir tahun ini sebagai ajang Tim Nasional Indonesia unjuk gigi di pentas internasional. Apalagi, Piala AFF 2018 akan menggunakan format baru.

Jika sebelumnya diselenggarakan dengan format home tournament pada fase grup (fase grup digelar di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah), maka mulai Piala AFF 2018 akan dilakukan dengan sistem kandang-tandang. Artinya, tiap tim akan memainkan dua partai kandang dan dua partai tandang di fase grup.

BACA JUGA: Piala AFF 2018 di RCTI Diacak

Ini tentu menjadi pertandingan yang panjang dan sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk itu ada baiknya menyimak mana saja stasiun TV luar negeri pemegang hak siar Piala AFF 2018 atau yang menjadi 2018 AFF Championship television broadcasters.

1. INDONESIA
Hak siar televisi free to air (FTA) teresterial di Indonesia dipegang oleh RCTI. Di parabola RCTI akan diacak dengan enkripsi conax, bukan biss key. Sehingga tidak bisa dibuka dengan Digital Satellite Receiver (DSR) yang beredar di pasaran.

Baca juga:  Siaran TV yang Menyiarkan Liga Champions Eropa di Parabola

Berbeda dengan Piala AFC U-16 dan U-19 lalu, channel berbayar Fox Sport tidak akan menyiarkan Piala AFF 2018 di wilayah Indonesia. Untuk televisi berbayar satelit, hak siar dimiliki MNC Vision dan K-Vision. Di MNC Vision bisa disaksikan di channel Soccer Channel dan di K-Vision di channel Total Sports Blast (TSB) 3.

2. MALAYSIA
Hak siar Piala AFF 2018 di Malaysia dimiliki oleh Radio Televisyen Malaysia (RTM). RTM akan membagikan penyiaran Piala AFF 2018. Khusus pertandingan yang melibatkan Malaysia akan disiarkan RTM TV 2, sementara selebihnya akan ditayangkan di channel RTM TV HD.

Selain RTM, channel berbayar Fox Sports juga akan menyiarkan Piala AFF 2018 di Malaysia.

3. THAILAND
BBTV Ch 7 menjadi pemegang hak siar Piala AFF 2018 di Thailand. Stasiun televisi milik pemerintah Thailand ini akan menyiarkan pertandingan yang dilakoni Tim Nasional Thailand saja. Sementara untuk seluruh pertandingan akan disiarkan di layanan televisi streaming Bugaboo TV.

4. Vietnam
Stasiun televisi pemerintah Vietnam, VTV sudah mengantongi hak siar Piala AFF 2018. VTV 5 dan VTV 6 akan berbagi menyiarkan seluruh pertandingan Piala AFF 2018.

5. LAOS
Di negara Laos, pemegang hak siar Piala AFF 2018 masih stasiun tv langganan turnamen besar seperti Piala Dunia, yaitu Lao National Television atau yang lebih dikenal dengan TV Lao. TV lao dipancarkan di satelit Thaicom 5 (78.5°E) dengan kualitas High Defenition (HD).

6. BRUNEI DARUSSALAM
Meski negaranya tidak lolos, Radio Television Brunei (RTB) akan menyiarkan Piala AFF 2018. Selain RTB, channel berbayar Fox Sports juga akan menyiarkan seluruh pertandingan Piala AFF 2018 di Brunei Darussalam.

7. MYANMAR
MRTV menjadi pemegang hak siar Piala AFF 2018. Stasiun televisi milik pemerintah Myanmar ini menaungi MRTV, MRTV Entertainment dan MRTV Sports. MRTV sudah memastikan diri menjadi pemegang hak siar AFF Cup 2018, sama dengan Asian Games 2018 lalu.

Baca juga:  K-Vision Pegang Hak Siar Liga Inggris 2016-2019 di Indonesia

8. FILIPINA
Filipina menjadi salah satu negara yang paling serius mengikuti Piala AFF 2018. Buktinya, federasi sepakbola Filipina menghadirkan pelatih alumni Piala Dunia 2002 dan 2006, Sven Goran-Eriksson untuk membawa The Azkals menjadi kampiun. Nah, masyarakat Filipina bisa menyaksikan tim nasionalnya berlaga di channel 5 Network dan AksyonTV.

9. KAMBOJA
Masyarakat Kamboja bisa menyaksikan seluruh pertandingan Piala AFF 2018 setelah Bayon TV resmi memegang hak siar. Apalagi, kini Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) tengah serius-seriusnya berupaya membangun sepakbola di Kamboja. Buktinya, mereka menghadirkan eks pemain Timnas Jepang, Keisuke Honda, sebagai pelatih Timnas Kamboja yang dikontrak selama dua tahun.

10. SINGAPURA
Hak siar Piala AFF 2018 di Singapura dipegang channel teresterial Okto. Channel ini tidak ada di satelit. Mungkin, karena wilayah SIngapura yang kecil, jadi cukup dijangkau dengan pemancar teresterial saja.

11. TIMOR-LESTE
Dua stasiun televisi Timor-Leste ETO+ dan DTV akan menyiarkan Piala AFF 2018. Kedua channel ini hanya akan menyiarkan Tim Nasional Timor-Leste saja. keduanya juha hanya dipancarkan teresterial, tidak terdaoat di satelit atau parabola.

12. HONG KONG
Hong Kong menjadi salah satu negara peserta non ASEAN yang stasiun televisinya membeli hak siar Piala AFF 2018. Di Hong Kong, Piala AFF 2018 akan di siarkan di televisi berbayar kabel i-Cable Sports.

13. KOREA SELATAN
Korea Selatan melalui channel SBS Sports juga sudah mengantongi hak siar Piala AFF 2018. Mungkin karena sang pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo berasal dari Korea Selatan, channel ini hanya menyiarkan partai yang dilakoni tim nasional Vietnam saja.

14. AMERIKA SERIKAT
Media di Amerika Serikat juga tidak mau ketinggalan untuk membeli hak siar Piala AFF 2018. Bisa saja untuk memenuhi kebutuhan pendatang yang berasal dari Asia Tenggara di negara tersebut. Piala AFF 2018 di Amerika Serikat akan disiarkan melalui layanan streaming oleh Turner Broadcasting System.

Baca juga:  Siaran TV Pemegang Hak Siar Olimpiade Rio 2016

Itulah sejumlah stasiun TV luar negeri pemegang hak siar Piala AFF 2018. Channel-channel yang bisa dijadikan alternatif untuk menyaksikan Piala Dunia 2018 melalui parabola akan dibahas dipostingan selanjutnya. (isc-01/adm)

Bagaimana Tanggapan Anda?

Leave a Reply

KPI Sanksi Spongebob Squarepants, Ini Sebabnya
KPI Sanksi Spongebob Squarepants, Ini Sebabnya
Liga Inggris di TVRI Tidak Diacak Biss Key
Liga Inggris di TVRI Tidak Diacak Biss Key
RCTI GTV dan MCTV Diacak 24 Jam di Parabola
RCTI, GTV dan MCTV Diacak 24 Jam di Parabola
beIN SPORTS 3 Berhenti Tayang di Indonesia
beIN SPORTS 3 Berhenti Tayang di Indonesia
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola di Parabola
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Jum’at (19/09/2019) sampai Senin (19/09/2019) di Parabola
Siaran Alternatif Liga Champions 2019-2020 di Parabola
Siaran Alternatif Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Thailand di Parabola
Siaran Alternatif Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Thailand di Parabola
Siaran Alternatif Indonesia vs Malaysia
Siaran Alternatif Indonesia vs Malaysia di Parabola
Frekuensi Terbaru Trans7 di Satelit Telkom 4
Frekuensi Terbaru Trans7 di Satelit Telkom 4
Inilah Frekuensi MPEG-2 Siaran RCTI, Global TV dan MNCTV
Frekuensi Terbaru RCTI, Global TV, MNCTV dan iNewsTV
Ini Penyebab Siaran RCTI dan Global TV Hilang
Frekuensi Mola Sports di Parabola
Frekuensi Mola Sports di Parabola
RTM TV 1, salah satu siaran milik Kerajaan Malaysia yang berada di satelit Measat 3A. (Dok. iSATELIT.com)
Frekuensi RTM TV 1 dan TV 2 Malaysia Terbaru
RCTI, MNCTV dan GTV Diacak Setiap Pukul 18:00 WIB
RCTI, MNCTV dan GTV Diacak Setiap Pukul 18:00 WIB
Frekuensi Terbaru CTN, CNC dan MyTV Kamboja
Frekuensi CTN CNC dan MyTV Kamboja Terbaru
Daftar Siaran dan Frekuensi NEX Parabola
Daftar Siaran dan Frekuensi NEX Parabola
SCTV dan Indosiar di Ninmedia Hilang
SCTV dan Indosiar di Ninmedia Hilang? Ini Solusinya
Receiver Rekomendasi Ninmedia
Inilah Receiver Rekomendasi Ninmedia
Pay TV Grup SCTV dan Indosiar Ini Tutup 1 September
Pay TV Grup SCTV dan Indosiar Ini Tutup 1 September
Cara Termurah Nonton RCTI GlobalTV dan MNCTV yang Diacak di Parabola
Cara Termurah Nonton RCTI, GlobalTV dan MNCTV yang Diacak di Parabola
Cara Nonton RCTI, MNCTV dan GlobalTV yang Diacak
Siaran TV Alternatif Nonton Piala AFF 2018 di Parabola
Siaran TV Alternatif Nonton Piala AFF 2018 di Parabola
PSSI Anniversary U-19 Tournament di RCTI dan INewsTV Diacak, Ini Solusinya